Minggu 17 Desember 2017
Beranda / Profil / Sekilas PP. IPPAT

Sambutan Ketua Umum PP. IPPAT

DR. SYAFRAN SOFYAN, SH, SpN, MHum

ASSALLAMUALAIKUM WM.WB, SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEMUA.
OM SWASTI ASTU, NAMOBUDAYA, SALOM.

PERTAMA-TAMA MARILAH KITA PANJATKAN PUJI SYUKUR KEHADIRAT ALLAH SWT, KARENA KITA MASIH DIBERI KESEHATAN DAN KEKUATAN, UNTUK SELALU BERBUAT YANG TERBAIK UNTUK ORGANISASI IPPAT YANG KITA CINTAI DAN BUAT BANGSA DAN NEGARA.

KAMI SANGAT MENYAMBUT BAIK, ATAS DILUNCURKAN WEB PP IPPAT, SEBAGI MEDIA BERKOMUNIKASI DAN MEMBERIKAN INFORMASI, KEGIATAN IPPAT DI SELURUH INDONESIA.

BERKAITAN DENGAN PENGUATAN ORGANISASI IKATAN PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH (IPPAT),SAAT INI ALHAMDULILLAH, PADA TGL 27 MARET 2017, NAMA ORGANISASI IKATAN PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH (IPPAT) TELAH RESMI TERDAFTAR DI DATA BASE SISMIBAKUM KEMENKUMHAM, DAN ANGGARAN DASAR TERAKHIR TELAH DI SAHKAN, SEBAGAI BADAN HUKUM.

IPPAT TELAH DIAKUIOLEH KEMENTERIAN ATR/BPN RI SATU-SATUNYA ORGANISASI PPAT, BEGITU PULA KODE ETIK IPPAT TELAH DI SAHKAN BERDASARKAN KEPUTUSAN MENTERI ATR/BPN RI NOMOR 112 TAHUN 2017. MUDAH-MUDAHAN KODE ETIK IPPAT KEDEPAN AKAN DIAJARKAN, UJIKAN TERSENDIRI BAGI CALON PPAT, DAN MENJADI PEGANGAN KITA SEMUA DI DALAM MENJALANKAN JABATAN SEHARI-HARI. HAL INI SANGATLAH PENTING, DAN MERUPAKAN TONGGAK SEJARAH KEBANGKITAN IPPAT, UNTUK BERKIPRAH LEBIH BESAR, LEBIH BERMANFAAT DAN BERMARTABAT. MENGINGAT SAAT INI PERTUMBUHAN PPAT SANGAT BESAR SEKALI, KURANG LEBIH 3000 (TIGA RIBU) CALON PPAT SETIAP TAHUN LULUS DARI PROGRAM MAGISTER KENOTARIATAN, DAN JUMLAH PPAT, PPATS, PPAT KHUSUS SAAT INI LEBIH 18 RIBU, DENGAN PERTUMBUHAN LEBIH 3000 SETIAP TAHUN.

KITA BERSAMA DENGAN KEMENTERIAN ATR/BPN RI, TELAH RAMPUNG MENYUSUN PERATURAN MENTERI ATR NOMOR 10 TAHUN 2017 SEBAGAI PELAKSANA KETENTUAN PASAL 6 AYAT 2 DAN PASAL 8 AYAT 4 PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 24 TAHUN 2016, PERLU MENETAPKAN PERATURAN MENTERI AGRARIA DAN TATA RUANG/KEPALA BPN RI TENTANG  TATA CARA UJIAN, MAGANG, PENGANGKATAN DAN PERPANJANGAN JABATAN; DENGAN TELAH DI SAHKANNYA PERMEN TERSEBUT, MERUPAKAN PAYUNG HUKUM UNTUK DIADAKAN UJIAN PPAT, PENDIDIKAN PENINGKATAN KUALITAS, MAGANG BAGI CALON PPAT, DAN PERPANJANGAN PENSIUN. UNTUK PERSIAPAN UJIAN PPAT, DILANJUTKAN DENGAN DIBUAT PERJANJIAN KERJA SAMA ANTARA KEMENTERIAN ATR/BPN RI DAN IPPAT, UNTUK PELAKSANAAN UJIAN BAGI CALON PPAT, GELOMBANG PERTAMA ADA LEBIH TUJUH RIBU PESERTA YANG IKUT, DAN YANG LULUS 5700 (LIMA RIBU TUJUH RATUS) PESERTA; YANG SAAT INI TELAH MENGIKUTI PENDIDIKAN PENINGKATAN KUALITAS PPAT, SEBANYAK 8 (DELAPAN) GELOMBANG, DIADAKAN BERSAMA-SAMA ANTARA IPPAT DAN KEMENTERIAN ATR. BAGI PESERTA YANG TELAH LULUS NOTARIS, DAN TELAH MENGIKUTI PENDIDIKAN PENINGKATAN KUALITAS INI, MAKA DAPAT SEGERA MENGAJUKAN PERMOHONAN PENGANGKATAN PPAT, YANG SAAT INI SEDANG DALAM PROSES PENGANGKATAN, BAGI YANG BELUM DIANGKAT SEBAGAI NOTARIS, MASIH MENGIKUTI MAGANG SELAMA 1 (SATU) TAHUN, 6 BULAN DI BPN, DAN 6 BULAN DI PPAT SEBELUM DIANGKAT SEBAGAI PPAT. BAGI PARA PPAT YANG AKAN MEMASUKI USIA PENSIUN, DENGAN TELAH DI SAHKANNYA PERMEN ATR NO.10 TH 2017, MAKA SEBANYAK 76 PPAT TELAH DIPERPANJANG USIA PENSIUNNYA MENJADI 67TH.

KITA SAAT INI JUGA TELAH MERAMPUNGKAN PEMBAHASAN PERATURAN MENTERI ATR/BPN RI TENTANG MAJELIS PEMBINA DAN PENGAWAS PPAT, MUDAH-MUDAHAN SEGERA DI SAHKAN, DAN SEGERA DILANTIK PARA PENGURUSNYA, AGAR DAPAT SEGERA BEKERJA. PERMEN INI SANGAT PENTING SEKALI DAN STRATEGIS, MENGINGAT SAAT INI JUMLAH PPAT SEMAKIN BANYAK, PERSOALAN/PERMASALAHAN SEMAKIN BESAR, DITAMBAH LAGI PPATS, PPAT KHUSUS, YANG SEMUA AKAN DIATUR, DI BINA DAN DIAWASI SEMUANYA, KEDEPAN MENJADI ANGGOTA IPPAT, MENGINGAT SAAT INI, IPPAT MERUPAKAN SATU-SATUNYA ORGANISASI PPAT YANG DIAKUI PEMERINTAH. ADAPUN ANGGOTA MAJELIS PEMBINA DAN PENGAWAS INI TERDIRI DARI KEMENTERIAN ATR/BPN RI DAN IPPAT; YANG MERUPAKAN PERPANJANGAN TANGAN DAN MEMBANTU MENTERI, BAIK DI TINGKAT PUSAT, WILAYAH DAN DAERAH. JUGA DI DALAM PERMEN INI KITA KAITKAN KALAU ADA PEMANGGILAN, SEBAGAI SAKSI OLEH PENYIDIK/PENUNTUT UMUM, AGAR BERKOORDINASI DENGAN MAJELIS PEMBINA DAN PENGAWAS (MPP) INI; YANG MANA SAAT INI JUGA TELAH RAMPUNG PEMBAHASAN MOU ANTARA IPPAT DENGAN KAPOLRI.

UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN DI KANTOR PERTANAHAN, KITA SELALU MENGADAKAN RAPAT BERSAMA, BERKOORDINASI DENGAN KEMENTERIAN ATR/BPN RI, AGAR KEDEPAN TIDAK ADA LAGI HAMBATAN DIKANTOR PERTANAHAN, DAN JUGA PAJAK/PEMDA. PELAYANAN SISTEM ONLINE, DIGITALISASI, SUDAH MERUPAKAN KEHARUSAN, KEDEPAN SEMUA PELAYANAN, PENGURUSAN DI KANTOR PERTANAHAN, PAJAK, SUDAH ONLINE/DIGITAL SEMUA. UNTUK ITULAH, KITA SECARA RUTIN MENGADAKAN RAPAT KOORDINASI DI BKPM TERKAIT DENGAN SISTEM PELAYANAN TERPADU DI INDONESIA, ANTARA KEMENTERIAN ATR, PAJAK, PEMDA, PERBANKAN, DAN BANK DUNIA; UNTUK SAAT INI SEBAGAI PERCONTOHAN ADALAH DKI JAKARTA DAN SURABAYA.

DI DALAM KEPASTIAN HARGA DALAM JUAL BELI, KITA JUGA SUDAH MELAKUKAN KOORDINASI, PEMBINAAN BERSAMA,SEMINAR, DENGAN PAJAK, DISPENDA/PEMDA, KEMENTERIAN DALAM NEGERI, KEMENTERIAN ATR/BPN RI, AGAR KEDEPAN ADANYA KEPASTIAN HARGA DALAM JUAL BELI, YAKNI ADANYA SATU HARGA SAJA.

BERKAITAN PEMBINAAN PPAT SELURUH INDONESIA KITA SELALU MELAKUKAN PEMBINAAN KE SELURUH INDONESIA, (33 PENGWIL DAN 275 PENGDA), TERMASUK DENGAN INSTANSI TERKAIT; BEKERJA-SAMA DENGAN SEMUA STAKEHOLDER IPPAT, DENGAN LEMBAGA PENEGAK HUKUM; POLRI, KEJAKSAAN AGUNG, MA, KPK, OMBUDSMAN, PPATK, PERADI, DAN SABER PUNGLI, KITA SELALU MENGADAKAN KOORDINASI, PEMBINAAN BERSAMA, TERMASUK KERJA-SAMA/MOU; AGAR KEDEPAN ADANYA SALING PENGERTIAN, ADANYA KESAMAAN PERSEPSI, SALING MEMBERIKAN KEAHLIAN, DAN PENDIDIKAN BERSAMA.

KITA JUGA BERKOORDINASI DENGAN DEWAN KETAHANAN NASIONAL (WANTANAS) YANG DI PIMPIN LANGSUNG OLEH PRESIDEN RI, PELAKSANA SEKJEN WANTANAS RI, MEMBERIKAN MASUKAN TERKAIT DENGAN PERTANAHAN DAN PERPAJAKAN.

UNTUK MENINGKATKAN MUTU/KWALITAS CALON PPAT, KITA SUDAH MELAKUKAN MOU/KERJA-SAMA DENGAN ASOSIASI PRODI MKN BAIK PTN/PTS, SERTA MELAKUKAN MOU, KULIAH UMUM, SEMINAR KE-PPAT-AN, HAMPIR SEMUA MKN SELURUH INDONESIA (35 PRODI MKN); DAN DIKLAT CALON PPAT (SEBELUM LULUS UJIAN PPAT).

BERKAITAN DENGAN EKSISTENSI PPAT/IPPAT KEDEPAN, KITA JUGA MELAKUKAN KOORDINASI, RAPAT DENGAR PENDAPAT DENGAN KOMISI II DPR RI, BALEGNAS DPR RI, BERKAITAN DENGAN RUU PPAT, ALHAMDULILLAH RUU PPAT SAAT INI SUDAH MASUK DI PROLEGNAS, DENGAN NOMOR URUT 168. DAN SEKARANG SUDAH DIBENTUK TIM PERUMUS RUU PPAT DAN PERTANAHAN. DI DALAM PP NO.24 TH 2016 TTG PPAT, ADA 8 KEWENANGAN PPAT DI DALAM MEMBUAT AKTA OTENTIK, DAN TRANSAKSI YG DILAKUKAN PPAT, NILAINYA RIBUAN TRILIUN RUPIAH PER TAHUN, DAN TERKAIT DENGAN BANYAK INSTANSI/LEMBAGA NEGARA, TERMASUK PEMDA.

UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN KEBANGSAAN, YANG MANA SAAT INI PPAT MERUPAKAN GARDA TERDEPAN DI DALAM PERALIHAN DAN PEMBEBANAN HAK ATAS TANAH DI INDONESIA, DAN JUGA MEMBANTU PROGRAM PEMERINTAH DI DALAM PENDAFTARAN HAK ATAS TANAH, MAKA PERLU SETIAP ANGGOTA IPPAT IKUT PENDIDIKAN LEMHANNAS RI, YANG JUGA AKAN MENAMBAH JARINGAN/NETTWORKING SECARA NASIONAL DAN GLOBAL.  IPPAT DAN LEMHANNAS RI SAAT INI TELAH MENANDA-TANGANI PERJANJIAN KERJA-SAMA, DAN PENDIDIKAN LEMHANNAS BAGI ANGGOTA IPPAT GELOMBANG PERTAMA SUDAH DILAKSANAKAN TANGGAL 2-8 OKTOBER 2017, DAN AKAN DILANJUTKAN GELOMBANG II, TGL 8 -14 JANUARI 2017.

KEDEPAN TENTUNYA MASIH ADA PRIORITAS YANG AKAN SEGERA DILAKSANAKAN/TUNTASKAN, YAKNI RUU PPAT, SOSIALISASI BERSAMA ANTARA KEMENTERIAN ATR-IPPAT YANG TERKAIT SELURUH KEBIJAKAN KEMENTERIAN ATR, SEPERTI UPDATING DATA PPAT, TAX AMNESTI, MAJELIS PEMBINA, PENGAWAS PPAT, PEMBAHASAN SATU HARGA DI DALAM JUAL BELI, HUNIAN TERHADAP WARGA NEGARA ASING, SERTA SOSIALISASI, PEMBINAAN TERKAIT PERLINDUNGAN DAN PROTEKSI BAGI PPAT YANG LEBIH BAIK, KODE ETIK IPPAT DAN PERSIAPAN KONGRES IPPAT. KAMI SANGAT OPTIMIS IPPAT BARU SUDAH TERWUJUD, YAKNI IPPAT YANG BANGKIT, REGENERASI DAN UNGGUL, SERTA IPPAT YANG BESAR, IPPAT YANG BERSATU, SANTUN DAN PENUH KEKELUARGAAN, TERUS KITA JAGA DAN TINGKATKAN.

MASIH BANYAK LAGI YANG TELAH DILAKUKAN IPPAT, TENTUNYA TANPA BANTUAN, DORONGAN, SUPORT DARI TEMAN-TEMAN PENGURUS, BAIK DI PUSAT, WILAYAH, DAERAH, DAN SELURUH PPAT DI INDONESIA, MAKA TIDAK ADA ARTINYA, JUGA DALAM KESEMPATAN INI, KAMI MENGUCAPKAN TERIMA-KASIH YANG SEBESAR-BESARNYA KEPADA BAPAK MENTERI ATR/KA.BPN RI, DAN SELURUH JAJARANNYA, KANTOR WILAYAH, KANTOR PERTANAHAN, SELURUH PENEGAK HUKUM, PAJAK, PEMDA, DAN SELURUH INSTANSI TERKAIT, PENGWIL, PENGDA IPPAT, PARA PPAT, YANG TELAH BANYAK MEMBANTU, KERJA-SAMA YANG SANGAT BAIK, SEMOGA KEDEPAN AKAN LEBIH DI TINGKATKAN LAGI.

BERKAITAN DENGAN SEMANGAT BERORGANISASI, DAN ETIKA KEPEMIMPINAN, DALAM BERORGANISASI, MAKA KAMI SANGAT MENGHARAPKAN, BAGAIMANA KEDEPAN ADA PERBAIKAN SECARA TERUS MENERUS DI DALAM ANGGARAN DASAR , DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA (AD/ART IPPAT), KEDEPAN DIHARAPKAN ANGGOTALAH YANG BERKUASA, BERPERAN BUKAN PEMIMPIN/ELIT, AGAR ADANYA SEMANGAT BERORGANISASI, KADERISASI, DAN ETIKA KEPEMIMPINAN, KOORDINASI, DAN KOMUNIKASI DI DALAM BERORGANISASI, HUBUNGAN PP, PENGWIL DAN PENGDA PERLU DITINGKATKAN.

DI DALAM ETIKA KEPEMIMPINAN, KEDEPAN TIDAK ADA LAGI CALON PEMIMPIN YANG MUNDUR, HANYA UNTUK MENGEJAR KEKUASAAN, MELAKUKAN MONEY POLITIK, MEMBERIKAN FASILITAS GRATIS, BAIK LANGSUNG/TIDAK LANGSUNG DENGAN HARAPAN UNTUK MENDUKUNGNYA;STOP SALING MENGHUJAT, CACI MAKI, FITNAH,BLACKCAMPAIGN, YANG AKAN MENJATUHKAN HARKAT MARTABAT, KEHORMATAN KITA SEMUA; YANG PALING PENTING SAAT INI ADALAH MARILAH KITA MEMAJUKAN ORGANISASI DENGAN IKHLAS, SEMANGAT KEBERSAMAAN, KEKELUARGAAN, DAN DUDUK DI DALAM SATU RUMAH BESAR IPPAT. MARIHLAH KITA SEMUA MENJADI AGEN PERUBAHAN, SALING MENGHARGAI, KALAU KITA TIDAK MENGHARGAI IPPAT, SIAPA LAGI? IPPAT BESAR, KALAU KITA SEMUA IKUT MEMBESARKAN IPPAT, MENJAGA NAMA BAIK IPPAT, DAN SELALU BERBUAT UNTUK KEMAJUAN, DAN KEMANFAATAN SELURUH PPAT INDONESIA.

PPATMERUPAKAN BAGIAN DARI PEMERINTAHAN, KHUSUSNYA DIBIDANG PERTANAHAN, BAGAIMANA IKUT MENCIPTAKAN SISTEM PEMERINTAHAN YANG BAIK (GOODGOVERNANCE), PP IPPAT SELALU BERKOORDINASI, RAPAT BERSAMA DENGAN KEMENTERIAN ATR/BPN RI, DPR RI, BKPM, DITJEN PAJAK, MENPAN& REFORMASI BIROKRASI, KPK, PPATK, OMBUDSMAN,MAHKAMA AGUNG, KEJAKSAAN AGUNG, KEPOLISIAN, PERGURUAN TINGGI, ITU SEMUA TIDAKLAH ADA ARTINYA, TANPA ADANYA PERSATUAN, DAN DUKUNGAN DARI SELURUH PPAT, PENGWIL DAN PENGDA, SERTA SEMANGAT TEKAT DARI KITA SEMUA UNTUK BERUBAH DAN BANGKIT, SEHINGGA KITA HARAPKAN KEDEPAN TERCIPTALAH MARTABAT, DAN KEHORMATAN PPAT,  CLEAN GOVERNMENT, DAN JUGA SELALU MENDORONG TERCAPAINYA SISTEM PELAYANAN YANG BERBASIS IT (ONLINE), KHUSUSNYA DI KANTOR PERTANAHAN, DAN PERPAJAKAN, SERTA PEMERINTAH DAERAH.

DALAM HAL. KOMUNIKASI, DAN KOORDINASI DENGAN ANGGOTA, PPAT DISELURUH INDONESIA, KITA BUKA SELUAS-LUASNYA, DENGAN MELAKUKAN PEMBINAAN BERSAMA, SAMPAI KEDAERAH, KITA BERHARAP SEMUA PENGURUS DAPAT TURUN KELAPANGAN, MELAYANI ANGGOTANYA;

SEHINGGA SEMUA PERSOALAN, PERMASALAHAN ANGGOTA CEPAT DIKETAHUI DAN DISELESAIKAN.KAMI APRESIASI KEPADA PENGWIL, PENGDA YANG TELAH MENGADAKAN ROAD SHOW PERLINDUNGAN PPAT,MELAKUKAN PEMBINAAN BERSAMA DENGAN INSTANSI TERKAIT,YANG SANGAT BERMANFAAT BAGI ANGGOTA, BAGI YANG BELUM, DIHIMBAU AGAR SEGERA DIADAKAN, UNTUK KEMANFAAT  DAN PERLINDUNGAN ANGGOTA.

KITA JUGA BERHARAP KEPADA SELURUH PPAT, AGAR IKUT AKTIF SETIAP KEGIATAN YANG DILAKUKAN OLEH PENGURUS PUSAT, PENGWIL DAN PENGDA IPPAT, DAN ADANYA KOORDINASI SECARA BERJENJANG DALAM KEGIATAN TERSEBUT,YANG MANA SANGAT BERMANFAAT,DAPAT MENAMBAH WAWASAN, DAN KEILMUAN, YANG MELAHIRKAN PPAT YANG PROFESIONAL DAN JUGA UNTUK JALANNYA RODA ORGANISASI, PPAT DIHARAPKAN AKTIF DALAM MEMBAYAR IURAN ANGGOTA, KARENA ITU KEWAJIBAN SEBAGAI ANGGOTADAN ADANYA KERJA-SAMA YANG BAIK ANTARA PENGDA-PENGWIL DAN PP IPPAT DALAM IURAN ANGGOTA INI, KARENA INI KEWAJIBAN ANGGOTA,; DAN DIHIMBAU JUGA KEPADA SELURUH PENGDA IPPAT, UNTUK MENYALURKAN 20% IURAN TSB KEPADA PP IPPAT (SESUAI AD,ART IPPAT).

MASIH BANYAK SAAT INI, KEGIATAN KE-PPAT-AN YANG DILAKUKAN DILUAR IPPAT, UNTUK ITULAH SELURUH KEGIATAN YANG DILAKUKAN OLEH IPPAT, AKAN ADA POINT, AGAR DAPAT MEMOTIVASI ANGGOTA IKUT DI DALAM KEGIATAN IPPAT, DAN MOHON KEPADA BAPAK MENTERI ATR, REKOMONDASI DARI, PENGDA, PENGWIL DAN PP IPPAT, SEBAGAI SYARAT DI DALAM PERPINDAHAN ANGGOTA, DAN PERPANJANGAN PENSIUN PPAT.

SEKARANG INI JUGA  BERSAMA KEMENTERIAN ATR  SEDANG MENYUSUN DATA BASE PPAT, KARENA SAMPAI SEKARANG KITA TIDAK TAHU BERAPA JUMLAH PASTI PPAT DI INDONESIA? MASIH BANYAK SELAMA INI, PPAT YANG TIDAK PUNYA KTA, SULIT MENGURUS KTA, DAN KTA SELAMA INI KURANG BEGITU BERMANFAAT, UNTUK ITULAH PP IPPAT, DAN PADA SAAT PRAKONGRES INI, DAPAT MEMBUAT KTA, TIDAK ADA LAGI PPAT YANG TIDAK PUNYA KTA,PEMBUATAN KTA DAPAT DIBUAT DENGAN ONLINE, DAN DAPAT JUGA DIBUAT PADA SAAT PRAKONGRES INI. KTA KEDEPAN, WAJIB  DIGUNAKAN DISETIAP KEGIATAN, ACARA IPPAT, SEHINGGA TIDAK PERLU LAGI SETIAP ACARA KITA MEMINTA DATA PPAT. DAN JUGA KTA TERSEBUT, MEMPUNYAI MANFAAT LAIN, YAKNI ADANYA DISKON DI PENERBANGAN, KERETA API, HOTEL, RUMAH SAKIT, ASURANSI, YANG TELAH BEKERJA-SAMA DENGAN PP IPPAT; DAN DIMOHON JUGA KEPADA KEMENTERIAN ATR/BPN RI, AGAR KTA IPPAT BARU INI SEBAGAI SYARAT DI DALAM PENDAFTARAN, KERJA-SAMA DENGAN INSTANSI, PERBANKAN, DAN LAIN-LAIN; DAN JUGA YANG TERKAIT DENGAN PP NOMOR 24 TH 2016, KHUSUSNYA YANG MENGATUR WILAYAH JABATAN PPAT PROPINSI, FORMASI PPAT, AGAR JUGA DAPAT DITUNTASKAN OLEH KEMENTERIAN ATR/BPN RI.

DARI HAL ITU SEMUA, KAMI TENTUNYA PERLU DUKUNGAN SELURUH PPAT, PENGDA IPPAT, PENGWIL IPPAT DI SELURUH INDONESIA, SEMUA KEMENTERIAN, LEMBAGA PENEGAK HUKUM, DPR, STAKEHOLDER, KHUSUSNYA KEMENTERIAN ATR/BPN, UNTUK MEWUJUDKAN VISI, MISI TERSEBUT, YANG SANGAT BERMANFAAT BUAT KEPENTINGAN SELURUH PPAT,AGAR KEDEPAN TIDAK ADA LAGI ANGGOTA-PPAT YANG TERSANGKUT MASALAH HUKUM, TANPA ADANYA KESALAHAN YANG JELAS, DAN JUGA PELAYANAN DI KANTOR PERTANAHAN, PAJAK, PEMDA MENJADI LEBIH BAIK, GOOD DAN CLEAN GOVERNANCE, YANG BERBASIS ONLINE/IT, DAN DIGITALISASI.

KAMI MENGHATURKAN TERIMA-KASIH KEPADA REKAN-REKAN PPAT SELURUH INDONESIA, PENGURUS PUSAT, PENGURUS WILAYAH, PENGURUS DAERAH, MAJELIS KEHORMATAN IPPAT, YANG TELAH BEKERJA-SAMA SELAMA INI, DAN BERBUAT YANG TERBAIK BAGI ANGGOTA.

SEKIAN, TERIMAH-KASIH, WASS.WM.WB, OM SANTI-SANTI OM

 

DR. SYAFRAN SOFYAN, SH, SpN, MHum.

Ketua Umum PP IPPAT

LINK TERKAIT